Laporan Praktikum Manajemen Jaringan
Konfigurasi ip Address dan Routing static


IP Address terdiri dari 32 bit angka biner yang dituliskan dalam bentuk empat kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari delapan (oktat) bit yang dipisahkan oleh tanda titik. IP Address  memberikan alamat lengkap dari suatu komputer (host) yang merupakan gabungan dari nama Network Id dan Host ID. Dalam mengkonfigurasi IP Addres, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang pertama yaitu Router mempunyai beberapa interface untuk menghubungkan lebih dari satu jaringan, kedua Setiap interface menghubungkan network yang berbeda-beda dan setiap interface mempunyai no IP sebagai default gateway setiap jaringan. Untuk  melakukan konfigurasi IP Address, perlu tahu interface mana yang akan kita konfigurasi IP Addressnya.static routing adalah menambahkan alamat tujuan, dan berikut merupakan topologi dari data yang diperintahkan:



gambar 1
Topologi Routing sederhana 


Berdasarkan topologi diatas menggunakan 2 buah router yang masing-masingnya memiliki 2 buah PC yang berbeda. router pertama yang terletak disebelah kiri (kelompok 1) memiliki ip route 192.168.10.1 dan router yang kedua sebelah kanan (kelompok 2) ip route 192.168.10.2.



                                                                          gambar 2
                                                                                           Alat mikrostip

 
Yang harus dilakukan adalah kita harus menghubungkan PC1 dengan PC2  didalam satu jaringan yang sama (router kiri: 192.168.10.1) dan menghubungkan PC1 (PC user)  dengan router yang berada pada jaringan yang berbeda yaitu PC1 dan PC2 dikelompok 2 dengan melalui gateway seberang (router kanan:192.168.10.2).



 Konfigurasi dengan Winbox:

1. Jalankan winbox, jika menggunakan mikrotik yang digunakan adalah PC-Computer ip bisa tergantung dengan ip yang di setting. Klik MAC Address dan pasword kosong lalu klik connect.
2. Maka akan tampil winbox mikrotik, klik remove configuration untuk setting mikrotik sesuai keinginannya, langkah yang pertama arahkan pada menu intercafe yang artinya lancard atau card yang tersedia dan sudah teristal pada mikrotik. interface1 untuk Modem intercafe2 untuk Lan.  
3. untuk melanjutkan setting mikrotik via winbox langkah selanjutnya klik ip address sesuai perintah diatas. 
 4. klik ip->addresses-> pada address list klik tanda (+) pada tabel dan kemudian isi Ip Addressnya 10.1.22.1/24 dan interfacenya pilih ether 1. Add Ip Addressnya lagi dengan mengklik tanda (+) kemudian isi ip address untuk PC2 yaitu 11.1.22.1/24 dan pilih interfacenya ether 2.
dan untuk router pada kedua ip pada PC tersebut tambahkan ip router  192.168.10.1/24. sehingga pada address list seperti dibawah ini


 
setting ip address melalui winbox
 

5. Jika sudah selesai memberi ip addreess maka selanjutnya memberi ip route yang artinya ip route berfungsi sebagai IP Gateway Sumber internet, Konfigurasi Routing statik Mikrotik lalu masukkan route listnya sesuai yang diperintahkan seperti dibawah ini.



  

6. setelah ip address dan  ip route sudah dikonfigurasi sekarang giliran mengkonfigurasi router 2 dengan cara yang sama seperti diatas. dimana pada saat pemberian ip route nanti pada router 2 menggunakan ip pada route kelompok 1 supaya bisa PC pada kelompok 1 dapat berkomunikasi dengan PC pada kelompok 2. setelah ip address dan ip routenya sudah terset baru kita tes dengan menggunakan cmd. dan apabila berhasil terkoneksi maka akan seperti ini.




 KESIMPULAN :

1. ip route berfungsi sebagai IP Gatway Sumber internet
2.Static routing (Routing Statis) adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statik yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
3.  Terlihat bahwa ketika melakukan trace dari PC1 DAN PC2 pada kelompok 1 , akan melewati Router1 (192.168.10.1) dan Router2 (192.168.10.2) sebelum akhirnya menuju PC1 dan PC2 pada kelompok 2. Begitupun sebaliknya, untuk hasil trace dari PC1 dan PC2 pada kelompok 2 akan melewati Router 2  dan Router1 lalu ke PC pada kelompok 1.




CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top