Laporan analisa workshop aplikasi internet





LAPORAN PRAKTIKUM WORKSHOP APLIKASI INTERNET
ANALISA APP INVENTOR





App Inventor adalah sebuah tool untuk membuat aplikasi android, yang menyenangkan dari tool ini adalah karena berbasis visual block programming.App Inventor memungkinkan pengguna baru untuk memprogram komputer untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak bagi sistem operasi android. App Inventor menggunakan antarmuka grafis, serupa dengan antarmuka pengguna pada Scratch dan StarLogo-NG, yang memungkinkan pengguna untuk men- drag and-drop objek visual untuk menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat Android. Dalam menciptakan App Inventor, Google telah melakukan riset yang berhubungan dengan komputasi edukasional dan menyelesaikan lingkungan pengembangan online Google.
Langkah awal yang harus diperhatikan dalam membuat projek baru dalam app inventor kita harus terlebih dahulu memiliki email, jika kita sudah memiliki alamat email bisa langsung mengisi alamat emailnya.


  1. Klik pada New, dan mulai projek baru misal dengan nama Helloworld, kemudian klik pada tombol OK.lalu,
  2. berilah nama judul projeknya.




Designer Seperti namanya, Designer adalah tempat dimana kita mendesain tampilan aplikasi yang akan kita buat. dimana Komponen desainer, terdiri dari :
    1. 1. Viewer               : untuk menempatkan komponen dan mengaturnya sesuai tampilan yang diinginkan.
    2. 2. Pallete                : adalah list dari komponen yang bisa dipakai
    3. 3. Component list   : merupakan tempat list komponen dari projek yang kita pakai
    4. 4. Media                 : mengambil media audio dan gambar untuk projek kita
    5. 5. Properties         : ketika anda klik komponen pada viewer maka propertiesnya akan terlihat pada panel                                   ini.
Pada bagian pallette klik label, dimana label tersebut berfungsi untuk memasukkan tulisan, kemudian drag label tersebut kedalam tampilan layar projek dan pada sisi kanan terdapat tabel components yang bertujuan  memasukkan tulisan apa yang ingin dibuat, dan juga kita bisa me-rename dan mendelete tulisan tersebut. tulisan yang diberi juga dapat diedit sedemikian rupa dengan mengganti warna, fontbold, fontitalic, fontsize, weight, width dan sebagainya pada tabel properties. 




 textbox berfungsi untuk memasukkan Nama, NIM dan umur dalam satu kotak. dan Button sebagai tombol untuk men-submit/mengumpulkan data pada textbox. dan pada table arrangement kedua terdapat 3 label yag nantinya akan mengisi jawaban dari data textbox_nama, textbox_NIM dan textbox_umur. berikut dibawah ini merupakan tampilannya:



berdasarkan perintah, label 7,8 dan 9 tersebut harus diberi warna agar supaya menarik yaitu warna label 7 warna biru, label 8 warna merah dan label 9 warna kuning. setelah tahap mendesain sudah siap, alihkan ke block editor. Block Editor ini bisa diartikan seperti Event Handler. Dalam artian lain, misalkan kita sudah sudah membuat tombol delete, kemudian kita masukan text yang berisikan perintah untuk menghapus kedalam tombol tersebut. Kurang lebihnya seperti itulah artian dari Block Editor, untuk membuka aplikasi Block Editor tersebut, anda harus mengunduh file bernama AppInventor ForAndroidCodeblocks.jnlp. File tersebut akan terunduh secara otomatis pada saat anda menekan atau mengklik Open The Blocks Editor yang berada dibagian pojok kanan atas halaman Designer.


Pada sisi Blok editor, tambahkan puzzle pada sisi bagian kiri sesuai perintah yang sudah ditentukan. pada bagian My block terdapat blok komponen, yaitu diantaranya blok komponen button1, horizontal arrangement1,tinyDB1 dan clock1.My block adalah tempat dimanablocks komponen yang kita pasang pada jendela desainer berada, sedangkan built in adalah tempat semua block dasar yang ada pada app inventor.





setelah semuanya sudah diatur sesuai yang diperintahkan, lalu klik built in dan save di komputer kita.
open leadroid dan drag file tersebut ke tampilan leadroid dan akan muncul seperti berikut:



Isi nama, kelas dan umur dan pada label ,8 dan 9 akan terdapat salinannya. dan aplikasi ini bisa dibuka melalui android dengan menginstal aplikasinya terlebih dahulu. 








CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top