Penggunanaan Kalkulator sederhana menggunakan App Inventor


Pembuatan Kalkulator sederhana menggunakan App Inventor


Dalam menciptakan App Inventor, Google telah melakukan riset yang berhubungan dengan komputasi edukasional dan menyelesaikan lingkungan pengembangan online Google.
App Inventor digunakan untuk membuat aplikasi android berbasis visual block programming, jadi kita dapat membuat aplikasi tanpa menggunakan kode. Disebut visual block programming karena kita akan melihat, menggunakan, menyusun dan drag-drops “blok” yang merupakan simbol-simbol perintah dan fungsi –event handler tertentu dalam membuat aplikasi, dan secara sederhana kita bisa menyebutnya tanpa menuliskan kode program –coding less.

Cara pembuatan  Kalkulator ini merupakan cara dasar dari App Inventor.
Dimana dalam kalkulator yang akan kita membuat ini terdapat Empat fungsi operasi yaitu menambah (+), mengurangi(-), mengalikan(*), membagi(/).
Perhitungan rantai dapat dilakukan sebagai berikut: 3 + 4 = (7 ditampilkan) * 3 = (21 ditampilkan), dll

Langkah awal yaitu dengan memulai MIT App Inventor dan membuat new projek sesuai dengan nama judul yang diinginkan.setelah itu, untuk melakukan perancangan kita harus melakukan penyetelan didalam designernya. Untuk membuat display pada kalkulatornya bisa dimulai dengan menambah label pada palette.




     Buka toolbar Blocks untuk membuat program visual. Susun blocks program untuk menginisialisasi seperti dibawah ini




e Susunlah blocks program untuk mengaktifkan button angka.









f.       Susunlah blocks program untuk mengaktifkan nomor pada setiap button.



g.      Susunblocks program untuk mengaktifkan operator button.



h.      Susunlah blocks program untuk mengaktifkan operator sama dengan (=) seperti dibawah ini:



              susun blocks program untuk mengaktifkan tombol Clear seperti dibawah ini:




Susunlah blocks program untuk mengaktifkan button operator seperti dibawah ini:

k    Setelah rancangan aplikasi selesai baik Designer maupun Blocks, klik menu Build lalu klik Apk(Save.apk to my computer).

s    Sehingga setelah dihubungkan pada android atau menggunakan leadroid, aplikasi kalkulator tersebut akan berjalan dan berfungsi. berikut merupakan data tampilan kalkulatornya:







     Analisa

     Dengan mempelajari pembuatan aplikasi android sederhana berbasis internet ini, kita  mampu mengikuti perkembangan zaman yang perlahan terus menjauh dan terus        mengalami perkembangan. Kalkulator merupakan alat bantu menghitung yang sangat dibutuhkan pada masa sekarang ini. Dalam pembuatan desain nya, sama seperti kalkulator pada umumnya, hanya saja operator yang disediakan hanya sedikit, yaitu +, -, x, /. Selanjutnya pada aplikasi ini juga disediakan tombol clear, untuk menghapus angka/bilangan yang salah.Cara pembuatan  Kalkulator ini merupakan cara dasar dari App Inventor. Dimana dalam kalkulator yang akan kita membuat ini terdapat Empat fungsi operasi yaitu menambah (+), mengurangi(-), mengalikan(*), membagi(/).
     yang menjadi hal penting dalam pembuatan aplikasi ini adalah pembuatan blocks program, karena blocks ini bagaikan coding jika dihubungkan dengan IT ProgrammerBlocks ini merupakan pasangan-pasangan puzzle yang mengatur proses berjalannya aplikasi ini. Sehingga hal ini menjadi sangat penting. Jika ada kesalahan dalam menginisialisasi data, atau kesalahan dalam menyusun perintah, maupun kesalahan dalam menyusun simbol operasi, maka hal ini menyebabkan program salah sehingga aplikasi tidak bisa berjalan dengan semestinya, bahkan bisa jadi program tidak berjalan sama sekali.


Kesimpulan

  • Dimana dalam kalkulator yang akan kita membuat ini terdapat Empat fungsi operasi yaitu menambah (+), mengurangi(-), mengalikan(*), membagi(/).
  • Untuk membuat display pada kalkulatornya bisa dimulai dengan menambah label pada palette.
  • Designer dibuat sebaik mungkin, karena ini merupakan tampilan visual dari aplikasi ini saat kita menggunakan nantinya.
  • Blocks dibuat sebaik dan setepat mungkin, karena ini merupakan alur atau proses jalannya aplikasi.



CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top