CARA MEMBLOKIR SITUS DI MIKROTIK MENGGUNAKAN WEB PROXY

CARA MEMBLOKIR SITUS DI MIKROTIK MENGGUNAKAN WEB PROXY

Tujuan:
web proxi bertujuan untuk memeriksa konten tersebut dilewatkan, diblok atau dialihkan.

Dasar teori:
Sebagai pengguna teknologi informasi, tidak asing bagi kita dengan istilah “proxy”. Secara umum arti dari proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Dengan kata lain proxy merupakan sebuah media keamanan bagi akses jaringan internet kita.
Terdapat beberapa macam tipe proxy, diantaranya SSL Proxy, Web Proxy, Intercepting Proxy, Reverse Proxy, dll. Setiap tipe proxy memiliki fungsi masing-masing. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu proxy yang merupakan fitur dari RouterOS MikroTik, yaitu Web Proxy.
Dalam pembahasan ini kita akan menekankan bagaimana cara melakukan pemblokiran website menggunakan “Web Proxy Access”.

Penggunaan mikrotik sebagai web proxi bertujuan untuk memeriksa konten tsb diblok atau dialihkan.
Web proxy dapat diterapkan dalam perangkat. Mikrotik sebagai web proxy. Web proxy seperti mesin, sebelum diilempa keluar ada web proxy. Jd kalau ada yg datang harus dicek tsb.
Web prxi berfungsi untuk memeriksa situs yang hendak dilewatkan, kalau kontennya aman maka dilewatkan sedangkan kalau situsnya terlarang ia tidak dapat dilewatkan.
Pada praktikum kali ini dia
Semua yang mengakses internet harus diarahkan ke web proxy terlebih dahulu. Web proxy dapat digunakan untuk memblok situs. Web proxy dapat mengalihkan situs, jika situs tsb mengandung konten terlarang. Web proxy berlaku jika mengakses dengan web (khusus web saja). Web proxy juga dapat memonitoring situs.

Web Proxy Mikrotik sendiri memiliki beberapa fungsi, salah satunya yaitu fungsi filtering. Fitur Filtering Web Proxy ini dapat membatasi akses konten-konten tertentu yang di-request oleh client. Sobat dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP. Hal tersebut tidak dapat Sobat lakukan jika hanya menggunakan NAT.
ip : 192.168.22.100


Langkah Percobaan:
 LANGKAH KERJA:
1. Set IP pada pc secara manual; 192.168.22.100 dan gateway 192.168.22.1
2. Login mikrotik via Winbox
3. set ip pada winbox; pada addressess, DHCP Client dan Firewall(NAT)
4. Pada NAT, setting:
Step selanjutnya pilih IP --> Firewall kemudian pilih Tab NAT kemudian klik tanda + General dan pada kolom Chain --> dsnat kemudian di kolom Protocol --> 6(tcp) dan di kolom Dst. Port --> 80

4. Selanjutnya kita aktifin dulu Transparent Web Proxy yang ada di IP --> Web Proxy --> Web Proxy Setting.

5. Selanjutnya setelah selesai pengaturan di atas, kemudian di Web Proxy kemudian pilih tab Access dan klik tanda 
Masukkan detail website yang mau di blok

> Dst. Port : isikan port http 80

> Dst. Host : isikan alamat website yang mau di blok misalnya detik.com
> Action : pilih deny untuk memblokir akses nya
Kita juga bisa memodifikasi rule nya dengan me-redirect ke situs lain. Misalnya ketika ada user yang mengakses web http://www.rizkyagung.com maka akan langsung dialihkan (redirect) ke blog ini neufarion.wordpress.com

Tinggal isikan saja alamat website nya di kolom Redirect To :



6. Cek situs


7. 
Selesai


Analisa Praktikum


Pada praktikum ini dilakukan filtering situs menggunakan Web Proxy Mikrotik. Web Proxy MikroTik sebuah perangkat yang melakukan request dan respon terhadap konten dari Internet yang bekerja sebagai jembatan antara client & server. Dan membuat client tidak berhubungan langsung dengan server-server yang ada di Internet. Dengan begitu bisa melakukan blok pada paket yang tidak diinginkan. Web Proxy Mikrotik sendiri memiliki beberapa fungsi, salah satunya yaitu fungsi filtering. Fitur Filtering Web Proxy ini dapat membatasi akses konten-konten tertentu yang di-request oleh client. Selain itu administrator dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP. Hal tersebut tidak dapat dilakukan jika hanya menggunakan NAT sehingga perlu dilakukan konfigurasi Chain --> dsnat kemudian di kolom Protocol --> 6(tcp) dan di kolom Dst. Port --> 80, selanjutnya di Tab Action kolom Action --> redirect dan di kolom To Port --> 8080. Jika menggunakan NAT, maka Mikrotik hanya akan meneruskan HTTP Request yang dibuat oleh computer user. HTTP request tersebut diteruskan ke Server oleh Mikrotik tanpa membuat HTTP request baru seperti halnya pada Web Proxy. NAT hanya menangani paket data saja, sedangkan Proxy bekerja dengan memeriksa konten dari HTTP Request dan Response secara detail, sehingga Proxy sering juga disebut sebagai Application Firewall.

Kemudian pada Web Proxy Setting, dilakukan beberapa konfigurasi berikut penjelasannya:
  • Opsi Enable untuk mengaktifkan web proxy
  • Port 8080 artinya web proxy akan beroperasi di port 8080 sehingga untuk mengakses proxy, trafik harus diarahkan ke port 8080 (Port Web Proxy)
  • Max Cache Size: unlimited artinya tidak ada batasan ukuran file cache content yang bisa disimpan oleh web proxy
  • Opsi Cache on disk artinya file cache content yang ditangkap oleh proxy akan disimpan di disk internal mikrotik. Jika opsi ini tidak dicentang maka file cache akan tersimpan di RAM Miktotik sehingga file cache akan terhapus otomatis saat proses caching diberhentikan atau direstart.
Tanpa web proxy koneksi internet lebih cepat dibanding menggunakan web proxy namun tidak aman. Dengan web proxy koneksi internet menjadi lebih lamban namun lebih aman.

Kesimpulan

  • Web Proxy MikroTik sebuah perangkat yang melakukan request dan respon terhadap konten dari Internet yang bekerja sebagai jembatan antara client & server.
  • Fitur Filtering Web Proxy ini dapat membatasi/memblokir/mengalihkan akses konten-konten tertentu yang di-request oleh client.
  • NAT hanya menangani paket data saja, sedangkan Proxy bekerja dengan memeriksa konten dari HTTP Request dan Response secara detail, sehingga Proxy sering juga disebut sebagai Application Firewall. 
  • Port 8080 artinya web proxy akan beroperasi di port 8080 sehingga untuk mengakses proxy, trafik harus diarahkan ke port 8080 (Port Web Proxy)
  • Opsi Enable untuk mengaktifkan web proxy

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top