Memblokir situs dengan menggunakan mikrotik



Blok Situs Menggunakan Mikrotik

 Salah satu teknik yang diterapkan seorang admin jaringan dalam suatu lingkungan kampus atau kantor yaitu membatasi akses ke situs / website tertentu. dimana admin di tuntut untuk medefinisikan sebuah kriteria paket data ke mikrotik routerOS, bahwa paket data tersebut adalah sebuah lalu lintas ke situs / website yang tidak boleh di akses.

Berikut dibawah ini merupakan cara yang dapat dilakukan untuk Memblokir Situs di MikroTik atau me definisikan sebuah kriteria paket data itu adalah situs ter-larang. Misalnya pada contoh ini kita akan blokir situs detik.com.

1. Langkah pertama yang dilakukan ialah memasukkan ip Address. dimana Interface 1 terhubung ke switch dan Interface 2 ke PC.


2. Atur DHCP client nya seperti dibawah ini:


3.Pada Tabel NAT atur:
 chain --> srcnat dan Action --> Masquerade



4.  maka setelah itu ia akan tersambung ke internet dan kita dapat mengakses internet.



CARA 1




CARA 2

1. buka ip-->firewall. lalu add dan ganti chain nya dengan forward. masukkan alamat address dari situs yang ingin di blok. lalu pilih interface keluarannya yang terhubung ke switch atau ke internet.

untuk mengetahui alamat ip dari situs yang ingin di blok sendiri dapat menggunakan cmd, seperti berikut:


setelah kita mengetahui alamat ip dari situs yang ingin di blok baru masukkan kembali ip yang tertera pada detik.com, lalu masukkan ipnya pada dst address. 



2. Pada tab action ganti action menjadi drop. lalu klik Ok.



3. maka setelah situs detik.com jika dibuka akan seperti ini:



CARA 3

1.  dalam pemblokiran situs ini ip address tersebut bisa kita ganti dengan address list dengan kata "situs dilarang" atau lainnya. lalu OK kan



2. maka, setelah itu ketika kita membuka situs detik.com tampilannya akan seperti ini:






CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top